Makin Merdeka Dengan Aki Kering Mobil Berkualitas


Untuk kamu pecinta otomotif, khususnya pecinta mobil, aki kering mobil berkualitas sudah pasti harus jadi perhatian utama. Sayangnya, tidak semua pengguna atau pengendara mobil mengerti dan mengetahui fungsi dari setiap komponen yang berada di dalam mobilnya. Memang sih, kamu bukan montir mobil, tapi setidaknya kamu tahu apa saja komponen-komponen penting dalam mobil kamu.


Terlebih untuk kamu yang baru memiliki mobil sendiri. Alangkah baiknya kamu perlu mengetahui fungsi-fungsi komponen di dalam mobil kesayangan kamu, supaya jika nantinya terjadi masalah di tengah jalan pada saat kamu sedang mengendarai mobil, kamu pun bisa mengetahui apakah penyebabnya. 


Salah satu komponen yang berperan penting pada mobil yang perlu kamu ketahui adalah komponen aki mobil. Salah satu fungsi aki secara umum pada mobil ini adalah sebagai tempat untuk penyimpanan energi listrik. Aki kering mobil berkualitas memiliki fungsi untuk menyimpan energi listrik yang berbentuk energi kimia di dalam kendaraan kamu. Jika aki kering mobil  kamu mulai soak, kamu wajib waspada karena energi listrik yang diperlukan untuk menjalankan fungsi kelistrikan mobil secara keseluruhan sebagian besar sangat bergantung pada komponen yang satu ini, maka sangat disarankan untuk selalu cek kondisinya.


Pada dasarnya, aki kering mobil berkualitas tetap membutuhkan cairan elektrolit, hanya saja aki kering menggunakan elektrolit yang berbentuk gel.


Pengecekan rutin aki mobil harus dilakukan jika ingin merdeka dari hal-hal menyebalkan yang dapat mengganggu jalannya mobil kamu. Kamu harus tahu gejala-gejala aki kamu mulai soak dan sudah saatnya mengganti dengan aki mobil yang baru. Berikut ini adalah beberapa gejala sudah saatnya aki kering mobil kamu diganti:


1. Mobil Susah/Tidak Dapat Di-starter

Hal paling mudah yang kamu lakukan untuk mendeteksi apakah aki kering mobil rusak atau soak adalah saat kamu pertama kali men-starter kendaraan. Jika kamu membiarkan mobil jarang dipakai dalam jangka waktu lama dan ketika paginya tidak dapat atau susah di-starter maka hal ini menjadi tanda-tanda yang paling jelas jika aki mengalami rusak dan soak. Namun perhatikan pula catatan air pada aki mobil apakah terdapat pada level max dan low, tidak boleh kurang dari angka tersebut. Mungkin kamu berpikir untuk mengatasi kerusakan dengan cara men-charge ulang, namun setelah di-charge atau mobil didorong dan masalah tersebut masih saja muncul, maka kondisi aki kering mobil anda sudah dipastikan soak.


2. Usia Aki Kering Kamu Memang Sudah Tua

Salah satu tanda lainnya yang dapat kamu amati dengan mudah adalah usia aki kering mobil yang memang sudah tua, hal ini menjadi pertimbangan yang cukup penting ketika memutuskan kondisi aki sudah soak atau tidak.


3. Tercium Bau Saat Mobil Dinyalakan

Jika kamu mulai mencium bau yang berasal dari aki di dalem kabin mesin saat mobil dinyalakan, maka bisa jadi ini merupakan tanda-tanda jika aki kering mobil sudah soak. Sebenarnya bau yang tercium tersebut berasal dari sel-sel di dalam aki mobil yang sudah rusak, sehingga saat mesin mobil dinyalakan maka akan menghidupkan air dan terlihat seperti air mendidih. Bahkan hal ini bisa anda lihat langsung saat sel-sel aki mengembang dan sudah remuk. Sehingga sudah saatnya aki lama diganti dengan aki yang baru.


4. Bunyi Klakson Jadi Kecil Dan Lampu Mulai Redup

Salah satu ciri paling mudah yang kamu pasti sadari adalah dengan mendengarkan bunyi klakson mobil. Dalam kondisi mesin mobil yang mati, cobalah nyalakan klakson mobil. Jika bunyi klakson jadi lebih kecil ketika mobil dinyalakan maka menandakan jika aki sudah mulai lemah. Selain klakson, nyala lampu utama mobil kamu pun biasanya lebih redup dan kurang terang.


Nah, itu dia rahasianya supaya kamu bisa makin merdeka dengan memilih aki kering yang berkualitas untuk mobil kesayanganmu.  Temukan produk aki NS yang sesuai untuk kendaraanmu di sini.


read more info follow this link

ARTIKEL LAINNYA

Kelebihan Aki Kering dan Aki Basah yang Wajib Kamu Ketahui

Baca Selengkapnya

Begini Cara Pengolahan Limbah Aki yang Aman Untuk Lingkungan

Baca Selengkapnya

Tunjukkan Kepedulian Pada Lingkungan NS Battery Luncurkan Program NS Eco Care

Baca Selengkapnya

Makin Merdeka Dengan Aki Kering Mobil Berkualitas

Baca Selengkapnya

Memilih Aki Motor Berkualitas Biar Merdeka dari Mogok

Baca Selengkapnya

Begini Tips Jitu Memilih Aki Mobil Berkualitas

Baca Selengkapnya

3 Faktor Penting yang Harus Diperhatikan Saat Memilih Aki Kering Motor Berkualitas

Baca Selengkapnya

Aki NS Heavy Duty Pilihan Tepat untuk Kendaraan dan Alat Berat

Baca Selengkapnya