Begini Tips Jitu Memilih Aki Mobil Berkualitas

Pada dasarnya aki berfungsi sebagai sumber listrik yang dipakai untuk starter mobil, setelah mesin mobil menyala, daya listrik untuk mobil diambil alih oleh alternator. Sebuah aki mobil berkualitas akan memperpanjang usia sebuah mobil, selain tentunya mesin yang terawat.


Apa jadinya mobil tanpa kelistrikan yang berfungsi benar? Selain untuk starter mobil, kelistrikan pun sangat diperlukan saat mobil digunakan malam hari. Lampu-lampu di mobil harus jadi perhatian, oleh karena itu kamu tidak bisa sembarang memilih aki mobil. Aki mobil berkualitas tentu akan menjaga semua instrumen kelistrikan di mobil kamu.


Saat kamu membeli mobil baru, tentu semuanya sudah berjalan dengan lancar. Tapi seiring waktu, tentu ada part-part mobil yang harus diganti. Salah satunya adalah aki mobil. Di pasaran, ada banyak sekali brand aki mobil. Tapi pastikan kalau kamu hanya membeli aki mobil berkualitas untuk mobil kesayangan kamu.

Jadi, hal-hal apa saja  yang harus diperhatikan saat akan membeli aki mobil berkualitas?

 

1. Selalu Membeli di Toko Yang Terpercaya

Hal penting yang pertama kali harus kamu lakukan adalah dengan membeli aki mobil berkualitas di toko yang sudah terpercaya. Toko yang terpercaya tentunya akan menjual aki mobil yang rework dan kamu bisa meminta mereka untuk memberikan rekomendasi aki mobil yang cocok untuk mobil kamu. Saat ini banyak toko yang melakukan bisnis nakal dengan menjual aki mobil rekondisi dengan label baru. Memang tidak semua toko melakukan ini, tapi saat kamu memilih toko yang terpercaya, hal ini bisa diminimalisir.

Toko yang terpercaya pasti akan memberikan garansi aki mobil yang kita beli. Contohnya Aki mobil berkualitas seperti NS Cheetah memberi garansi resmi 18 bulan dan NS Jaguar memberi garansi resmi 12 bulan.

 

2. Selalu Pastikan Membeli Aki Mobil Yang Sesuai Spesifikasi Mobil Kamu

Jika mobil kamu tidak melakukan modifikasi yang besar, seperti mengganti lampu yang lebih terang, atau mengganti sound system, berarti aki mobil standar sudah mengikuti standar kelistrikan yang dibutuhkan mobil kamu. Pastikan saat membeli aki mobil mengikuti apa yang sudah ditetapkan oleh buku manual mobil kamu. Konsultasikan juga dengan bengkel resmi mobil kamu tentang tipe aki mobil seperti apa yang dibutuhkan.

 

3. Memilih Aki Basah atau Aki Kering

Ada 2 jenis aki mobil di pasaran, aki kering dan aki basah. Pemilihan mau memakai aki basah atau aki kering semua tergantung selera kamu.. jika kamu adalah orang yang cenderung tidak sempat merawat mobil, misalnya karena sibuk kerja, sebaiknya menggunakan aki kering karena aki kering ini tidak perlu perawatan rutin.  Langsung diarahkan saja spy memilih aki kering?

 

4. Perhatikan Kapasitas Aki

Jangan lupa juga untuk memperhatikan kapasitas aki mobil yang akan kamu beli, baik aki basah maupun kering memiliki kapasitas dan ukurannya masing-masing. Pastikan untuk mengecek ukuran, dimensi, ampere, dan tegangan yang dimiliki aki mobil tersebut. Pastikan sudah sesuai dengan standar yang dimiliki mobil anda, baca lagi baca lagi buku manual mobil kamu atau konsultasikan dengan bengkel resmi. Agar mendapatkan aki yang lebih awet dan tidak mudah soak, akan lebih baik untuk tidak memilih aki dengan tegangan yang lebih besar dibandingkan standar mobil anda. Memilih aki yang bertegangan lebih besar akan menimbulkan kerusakan komponen kelistrikan dalam mobil anda.

 

5. Pertimbangkan Merk Aki Mobil Yang Akan Dipilih

Ada banyak aki mobil yang bagus dan berkualitas di pasaran yang dapat anda pilih untuk mobil anda. Namun akan lebih baik untuk memilih merk-merk aki yang memang sudah terpercaya di pasaran. Aki mobil NS Cheetah dan NS Jaguar produksi NS Battery adalah aki mobil yang berkualitas. Layanan purna jual dan garansi yang diberikan oleh NS Battery tentunya akan lebih memberikan ketenangan bagi kamu dan mobil kamu.

 

6. Hindari Membeli Aki Rekondisi

Satu hal lagi yang penting dalam tips memilih aki mobil berkualitas adalah pastikan untuk tidak membeli aki rekondisi atau bekas. Aki rekondisi hanya akan menimbulkan permasalahan pada mobil kamu di kemudian hari. Mungkin anda tidak ingin membeli aki bekas namun terkadang ada beberapa penjual yang menipu dengan menjual aki rekondisi sebagai aki yang baru.


Meskipun tidak semua toko atau penjual melakukan hal tersebut, namun akan lebih baik untuk berhati-hati untuk menghindari penipuan seperti ini. Untuk itu sangat lah penting untuk membeli aki mobil di tempat yang memang sudah terpercaya kualitasnya.


Selain memilih aki mobil yang baru dan berkualitas, jangan lupa untuk selalu merawat aki mobil anda agar kondisinya tetap terjaga dengan baik. Butuh informasi lengkap seputar aki mobil yang berkualitas untuk mobil kamu? Klik di sini.


on this website see this page

ARTIKEL LAINNYA

Kelebihan Aki Kering dan Aki Basah yang Wajib Kamu Ketahui

Baca Selengkapnya

Begini Cara Pengolahan Limbah Aki yang Aman Untuk Lingkungan

Baca Selengkapnya

Tunjukkan Kepedulian Pada Lingkungan NS Battery Luncurkan Program NS Eco Care

Baca Selengkapnya

Makin Merdeka Dengan Aki Kering Mobil Berkualitas

Baca Selengkapnya

Memilih Aki Motor Berkualitas Biar Merdeka dari Mogok

Baca Selengkapnya

Begini Tips Jitu Memilih Aki Mobil Berkualitas

Baca Selengkapnya

3 Faktor Penting yang Harus Diperhatikan Saat Memilih Aki Kering Motor Berkualitas

Baca Selengkapnya

Aki NS Heavy Duty Pilihan Tepat untuk Kendaraan dan Alat Berat

Baca Selengkapnya