Kelebihan Aki Kering dan Aki Basah yang Wajib Kamu Ketahui

 

flagyl for sale online

Sebagai komponen yang berfungsi untuk menyuplai tenaga listrik, peran aki pada kendaraan tentu tidak bisa disepelekan. Itulah kenapa kamu harus pintar memilih aki kendaraan berkualitas antara aki kering vs aki basah supaya kinerja mobil atau motor kesayanganmu bisa lebih maksimal.

 

Aki Kering vs Aki Basah

Saat ini ada dua jenis aki kendaraan yang banyak dijual di toko aki, yaitu aki basah dan aki kering. Jika aki basah menggunakan cairan elektrolit  atau air aki untuk merendam selnya, aki kering menggunakan bahan berupa gel. Hal inilah yang kemudian membuat pertarungan antara aki kering vs aki basah dimenangkan oleh aki kering karena sering dianggap lebih baik dibanding aki basah. Lalu apa sebenarnya perbedaan dan kelebihan antara aki kering vs aki basah?

 

Simak tiga kelebihan aki kering berikut ini!


1.         Lebih Cepat

Pemasangan aki kering umumnya lebih cepat daripada aki basah. Hal ini dikarenakan aki kering tidak perlu diisi air aki terlebih dahulu sebelum digunakan seperti halnya aki basah.

 

2.         Lebih Gampang

Berbeda dengan cara kerja aki basah yang harus rutin dicek dan diisi air aki secara berkala, hal tersebut tidak perlu kamu lakukan jika menggunakan aki kering. Sering disebut aki Maintenance Free, aki kering lebih gampang dirawat karena tidak perlu rutin dicek dan diisi ulang cairannya seperti aki basah.

 

3.         Lebih Aman

Cairan aki basah memiliki sifat korosif sehingga bisa merusak jika tumpah dan mengenai komponen-komponen mobil. Karena tidak perlu diisi air aki pada awal penggunaan, aki kering tentunya anti bocor sehingga lebih aman bagi kendaraan.

 



Agar pertarungan aki kering vs aki basah ini adil, berikut adalah kelebihan dari aki basah:

 

1.     Lebih Murah

Harga di pasaran aki basah lebih murah dari harga aki kering. Untuk yang punya dana pas-pasan, aki basah adalah pilihan yang tepat. Dengan membeli aki basah, dana yang tersisa bisa untuk perawatan kendaraan yang lainnya.

 

2.     Bisa Diisi Ulang

Bila air aki tekor, kamu tinggal menguras isi aki, cuci dan bersihkan endapan di dalamnya hingga benar-benar kering. Isi ulang air aki, setrum dulu kurang lebih sejam, dan aki basah sudah siap dipakai lagi. Pengisian ulang air aki bisa dengan mudah dilakukan sendiri, tapi bila kamu baru melakukannya pertama kali, disarankan untuk mengunjungi bengkel langganan kamu dan konsultasikan dahulu cara-caranya.

 

3.     Lebih Tahan Lama

Biasanya, aki basah mempunyai masa pakai yang lebih lama dibanding aki kering. Tapi masa pakai ini tetap tergantung dengan cara pakai dan perawatan aki basah yang kamu lakukan. Pastikan melakukan cek rutin aki basah setiap 2 bulan sekali. Bila kendaraan kamu melakukan kerja berat seperti jadi taxi online, lakukan cek rutin setiap sebulan sekali untuk memastikan kinerja aki basah tetap prima.


Nah, itu dia tiga kelebihan masing-masing aki kering vs aki basah yang wajib kamu ketahui. Untuk memastikan kendaraanmu selalu aman di perjalanan, pilihlah aki kering yang berkualitas seperti aki NS. Selain bebas perawatan berkala, aki NS yang tersedia untuk mobil, motor dan kendaraan komersil ini juga menawarkan garansi hingga 18 bulan. Untuk informasi seputar klaim garansi, aki NS juga menyediakan NS Care di 15000-31 yang siap melayani 24 jam.

Pantau terus NSBattery.com untuk mendapatkan berbagai informasi seputar aki dan produk aki NS yang cocok untuk kendaraanmu.

 

antibiotic amoxicillin online overnight

ARTIKEL LAINNYA

Kelebihan Aki Kering dan Aki Basah yang Wajib Kamu Ketahui

Baca Selengkapnya

Begini Cara Pengolahan Limbah Aki yang Aman Untuk Lingkungan

Baca Selengkapnya

Tunjukkan Kepedulian Pada Lingkungan NS Battery Luncurkan Program NS Eco Care

Baca Selengkapnya

Makin Merdeka Dengan Aki Kering Mobil Berkualitas

Baca Selengkapnya

Memilih Aki Motor Berkualitas Biar Merdeka dari Mogok

Baca Selengkapnya

Begini Tips Jitu Memilih Aki Mobil Berkualitas

Baca Selengkapnya

3 Faktor Penting yang Harus Diperhatikan Saat Memilih Aki Kering Motor Berkualitas

Baca Selengkapnya

Aki NS Heavy Duty Pilihan Tepat untuk Kendaraan dan Alat Berat

Baca Selengkapnya