3 Faktor Penting yang Harus Diperhatikan Saat Memilih Aki Kering Motor Berkualitas

Memilih aki terbaik untuk motor tentu membutuhkan pertimbangan tersendiri, bukan? Untungnya, aki kering motor berkualitas buatan NS Battery saat ini sudah beredar di pasaran. Ada dua jenis yang bisa dipilih untuk kebutuhan motor kamu, NS Hawk dan NS Eagle. Keduanya merupakan jenis aki kering motor berkualitas yang tidak membutuhkan perawatan alias maintenance free. NS Eagle memberikan jaminan garansi selama 18 bulan dan NS Hawk selama 12 bulan.  

Kedua aki kering ini adalah tipe VRLA (Valve Regulated Lead Acid) dengan laju penguapan air yang sangat rendah, sehingga lebih tahan lama dan bebas perawatan, serta anti bocor karena didukung oleh teknologi AGM (Absorbent Glass Mat). 

Seperti sudah kamu ketahui, bahwa sebuah kendaraan bermotor dapat berjalan karena adanya beberapa proses dari mesin dan juga komponen lainnya yang akan menghasilkan tenaga sebagai penggerak utama kendaraan. Mulai dari bahan bakar yang masuk ke dalam mesin kemudian di proses di dalam karburator atau fuel injection untuk kendaraan modern dengan oksigen yang selanjutnya disemprot atau dialirkan ke ruang bakar untuk dilakukan proses kompresi atau pembakaran bahan bakar yang akan menghasilkan tenaga sebagai penggerak kendaraan.  

Terlepas dari semua proses di dalam mesin tersebut, sistem kelistrikan yang ditanamkan pada setiap kendaraan adalah hal yang sangat vital juga untuk sebuah kendaraan. Komponen pemberi atau penyuplai aliran listrik untuk semua komponen yang ada dan komponen penyuplai aliran listrik tersebut terdapat pada setiap kendaraan yaitu bernama aki. 

Motor yang tidak memakai karburator dan memakai fuel injection memang membutuhkan aliran listrik yang kuat, stabil, praktis serta memiliki keawetan yang tahan lama. Dan semua hal tersebut bisa didapatkan pada komponen aki kering motor berkualitas yang sangat cocok untuk motor-motor terkini yang memakai fuel injection tanpa karburator. Yang pasti, kepraktisan menggunakan aki kering ini adalah poin penting yang harus dipertimbangkan oleh sebagian besar pabrikan otomotif, dan tentunya oleh para pemotor.  

Dari segi minimnya perawatan, aki kering jelas lebih unggul dibandingkan produk aki basah. Karena kamu tak perlu selalu mengecek dan memeriksa ukuran airnya setiap saat. Kelebihan lain dari aki kering adalah masa penggunaan yang lebih lama serta cranking performance yang lebih tinggi dan juga memiliki grid yang tahan karat akan menghasilkan performa yang lebih tinggi dan self discharge yang lebih rendah. 

Agar komponen vital ini dapat menyuplai listrik dengan baik dan sempurna, kamu harus mulai melakukan tips dan cara merawat aki kering motor di bawah ini. Semua ini juga agar aki kering motor berkualitas kamu dapat berfungsi dengan baik, awet dan tahan lama. 

  1. Supaya aki kering motor mempunyai umur pakai yang lebih lama atau awet, nyalakan motor kamu dengan rutin setiap hari. Agar sistem pengisian listrik tetap terjadi dan akan menghasilkan penyuplaian listrik yang stabil. Jika memang motor tidak digunakan, maka minimal panaskan mesin dengan waktu 2 hingga 5 menit perhari. Tetap gunakan electric starter setiap hari. Bila motor hanya akan dipanaskan saja dan tidak dipakai, sangat direkomendasikan untuk menggunakan kick starter sekali-kali untuk membantu oli agar terpompa lebih cepat untuk melumasi seluruh komponen dalam mesin motor. Hal ini juga dilakukan untuk merawat mesin motor kamu. Apabila sekali starter mesin tidak mau hidup maka jangan coba ditekan secara terus-menerus saklar starter. Beri jeda waktu sampai sekitar 5 detik, baru kemudian ditekan kembali agar memungkinkan daya aki dapat kembali stabil terlebih dahulu. 
  2. Sebisa mungkin, saat kamu sedang mengendarai motor, hindari lubang atau jalan rusak yang menyebabkan guncangan berlebihan pada motor kamu. Guncangan berlebihan pada motor kamu akan memperbesar kemungkinan cepat rusaknya sel-sel yang berada di dalam komponen aki kering. Bila tetap harus melewati lubang atau jalan rusak, usahakan melaluinya dengan kecepatan rendah sehingga tidak terjadi guncangan yang berlebihan.
  3. Selalu cek kabel terminal aki kering dan usahakan agar selalu bersih dan tertutup rapat. Sebab jika terlalu lembab maka dikhawatirkan akan terjadi korsleting aliran listrik. Pastikan juga komponen kiprok motor masih berfungsi dengan baik karena komponen ini merupakan komponen yang termasuk vital dalam proses suplai listrik ke semua bagian kendaraan. Jika daya listrik aki kering sudah mulai melemah maka lakukan isi ulang atau charging seperlunya. Untuk aki kering ini dapat menggunakan alat khusus yang memiliki daya yang kecil dan stabil yaitu sebesar 0,5 ampere. Untuk membuat daya listrik aki kering kembali penuh dibutuhkan waktu 5 hingga 8 jam tergantung dengan besaran daya aki.

Itulah beberapa faktor penting yang harus diperhatikan saat memilih aki kering terbaik untuk motor. Sebaiknya, kamu memilih aki maintenance free, yang meski tidak butuh perawatan tapi tetap bergaransi. Untuk informasi lengkap seputar produk NS yang sesuai dengan motor kamu, klik di sini yuk!

ARTIKEL LAINNYA

Kelebihan Aki Kering dan Aki Basah yang Wajib Kamu Ketahui

Baca Selengkapnya

Begini Cara Pengolahan Limbah Aki yang Aman Untuk Lingkungan

Baca Selengkapnya

Tunjukkan Kepedulian Pada Lingkungan NS Battery Luncurkan Program NS Eco Care

Baca Selengkapnya

Makin Merdeka Dengan Aki Kering Mobil Berkualitas

Baca Selengkapnya

Memilih Aki Motor Berkualitas Biar Merdeka dari Mogok

Baca Selengkapnya

Begini Tips Jitu Memilih Aki Mobil Berkualitas

Baca Selengkapnya

3 Faktor Penting yang Harus Diperhatikan Saat Memilih Aki Kering Motor Berkualitas

Baca Selengkapnya